Pandangan dan Penilaian terhadap penggunaan email dan blog dalam mata kuliah Psikologi Pendidikan
Kelompok 10 Psikologi Pendidikan
1. Bagaimana pandangan dan penilaian kelompok andasehubungan dengan kewajiban setiap mahasiswa yang mengikuti mata kuliah psikologi pendidikan 2 sks harusmemiliki e-mail dan blog ditinjau dari uraian psikologipendidikan dan fenomena pendidikan di Indonesia, Medan khususnya.
Jawaban:
Indonesia merupakan Negara berkembang dimanaketersediaan infrastruktur komunikasi yang masih minim mengakibatkan banyak orang yang ingin mendapatkaninformasi dan pengetahuan menjadi terbatas.Kesediaaninfrastuktur ini masih sangat terasa di daerah-daerah yang masih susah untuk mengakses informasi seperti di daerahpedesaan.Hal ini disebabkan penyebaran teknologi informasidan komunikasi di Indonesia belum merata, hanya di kota-kotabesar saja yang sudah mudah menikmati dan memanfaatkanfasilitas yang tersedia.Salah satu dampak yang ditimbulkanadalah perkembangan pendidikan menjadi terhambat dan jugatidak merata (Dede Yahya, 2011).Perkembangan teknologiinformasi dan komunikasi yang terus berkembang sangatmemberikan dampak yang besar terhadap dunia pendidikankhususnya dalam proses pembelajaran di Indonesia.Dalamdunia pendidikan keberadaan sistem informasi dan komunikasimerupakan komponen yang tidak dapat dipisahkan dariaktivitas pendidikan terutama di zaman sekarangini.Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telahmemberikan pengaruh terhadap dunia pendidikan khususnyadalam proses pembelajaran.Dalam proses pendidikan, komunikasi dilakukan dengan menggunakan media-media komunikasi seperti internet, e-mail-, blog, dan lain-lain.
Pengaruh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologidizaman sekarang sangat berdampak bagi kepentinganakademik, baik pihak pengajar maupun yang diajar.Berdasarkan uraian fenomena pendidikan di atas, kamiberpendapat bahwa penerapan kewajiban setiap mahasiswayang mengikuti mata kuliah psikologi pendidikan 2 sks harusmemiliki e-mail dan blog itu bagus karena lebih efektif dnefisien.Setiap hal pasti mempunyai dampak positif dannegative.Dalam hal ini kami akan menjelaskna dampak positifdan negatif e-mail dan blog.
Dampak positif e-mail dan blog:
1. E-mail dan blog memudahkan mahasiswa dan dosen dalamberkomunikasi maupun bertukar informasi, dan membuatsegala urusan lebih mudah dan efektif.
2. E-mail dan blog juga membuat kita mengurangipenggunaan kertas yang artinya kita membantu dalampencegahan global warming.
3. Mahasiswa juga bisa mengekspresikan pikiran-pikirannyayang dimuat dalam bentuk tulisan, puisi dan lain-lain.
4. Mahasiswa dapat menjadi e-mail dan blog sebagai lahanuntuk berbisnis yang dapat di akses secara gratis di internet dan semua orang dapat bebas mengaksesnya.
Dampak negative e-mail dan blog:
1. Mempermudah terjadinya pelanggaran Hak Atas KekayaanIntelektual (HAKI), karena orang yang bersifatplagiatis(suka meniru) akan melakukan kecurangan
2. Dapat terjadi akibat fatal jika terjadi suatu kebocoran dalammenjalankan sebuah system
3. Menimbulkan sifat apatis pada seorang individu.
Contoh: Seseorang anak lebih suka membuat tulisan di blog sehingga ia kurang beriteraksi dengan temansekitarnya
Menurut kelompok kami mengenai penerapan email danblog dikalangan pelajar khususnya dikota Medan, belum dapatditerapkan ke beberapa sekolah dikarenakan fasilitas disekolah tersebut yang belum memadai.
Sumber:
Santrock, John W.2007.Psikologi Pendidikan.Jakarta:Kencana
0 komentar:
Posting Komentar